This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 24 April 2015

Bahan Kebutuhan Pokok Masih Langka


Artikel
Liputan6.com, Sragen - Langkanya Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi berdampak naiknya harga kebutuhan pokok di Pasar Bunder, Sragen, Jawa Tengah. 
Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (29/8/2014), salah satunya adalah harga sayur-sayuran dan kebutuhan pokok lainnya yang mengalami kenaikan akibat kurangnya pasokan dari dari para petani dan keterlambatan datang di tempat tujuan. Naiknya harga sayuran tersebut lantaran pompa diesel milik para petani yang digunakan untuk mengairi sawah tidak bisa beroperasi secara maksimal akibat pembatasan BBM bersubsidi. 
Kenaikan harga tak hanya terjadi pada sayur-sayuran saja, ayam potong yang sebelumnya Rp 28.000 kini naik menjadi Rp 33.000 dalam setiap kilogramnya. Kebutuhan pokok jenis ayam potong tersebut akibat terjadinya antrean di setiap SPBU, sehingga membuat tersendatnya pengiriman barang di tempat tujuan. 
Pasar Bunder yang biasanya terlihat ramai kini sepi. Hal itu akibat jarangnya calon pembeli yang datang. Lantaran sepinya pembeli, para pedagang sayuran maupun daging ayam mengalami penurunan omset. Dampak kenaikan BBM di Jambi juga sudah terasa. Selain berdampak pada kenaikan harga di sejumlah kebutuhan pokok, kenaikan harga juga terjadi pada ikan laut dan ayam potong. Harga ikan laut dan ayam potong mengalami kenaikan rata-rata Rp 5.000.Jika BBM langka, maka harga kebutuhan pokok terus naik. Para pedagang pun akan mengalami kerugian karena sepinya pembeli. (Rmn)

Sumber :


Kesimpulan:
Langkanya Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang mengakibatkan naiknya harga kebutuhan pokok, salah satunya adalah harga sayur-sayuran dan kebutuhan pokok lainnya yang mengalami kenaikan, akibat  kurangnya pasokan dari para petani dan keterlambatan datang di tempat tujuan. Naiknya harga sayuran tersebut lantaran pompa diesel milik para petani yang digunakan untuk mengairi sawah tidak bisa beroperasi secara maksimal akibat pembatasan BBM bersubsidi. Selain itu Pengiriman barang jadi tersendat dikarenakan antrian di setiap SBPU, akibatnya  berkurangnya calon pembeli yang minat dikarenakan harga kebutuhan pokok yang semakin mahal. Lantaran sepinya pembeli, para pedagang mengalami penurunan omset. 

Saran :
Untuk mengatasi kelangkaan minyak bumi ada beberapa hal harus kita lakukan. Diantaranya:

a.        Mencari sumber energi alternatif baru
Saat ini sudah banyak energi alternatif pengganti minyak bumi. Dengan terus mencari dan mengembangkan energi alternatif maka pemakaian minyak bumi akan semakin berkurang. Hal ini tentu menguntungkan karena energi alternatif dapat diperbaharui dan minyak bumi tidak dapat diperbaharui.

b.       Menggunakan BBM secara bijak
Setiap tahun pengguna kendaraan pribadi semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan penggunaan BBM meningkat. Inilah yang mengakibatkan terjadinya kelangkaan BBM. Sistem 3 in 1 yang berlaku di kota besar merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi kelangkaan sekaligus kemacetan.

c.        Mengubah pola pikir masyarakat
Tak bisa dipungkiri kebanyakan masyarakat Indonesia masih banyak yang menonjolkan gengsi dan masyarakat konsumsi. Sehingga dalam suatu keluarga ada yang punya kendaraan pribadi untuk masing-masing anggota keluarga. Hal ini akan membuat pemakaian kendaraan akan semakin meningkat yang mengakibatkan kebutuhan terhadap minyak bumi seperti solar meningkat, sedangkan produksi minyak bumi tidak meningkat. Hal inilah akan mengakibatkan kelangkaan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More